Review Materi hari kedua

Nama: Hanifah Nur Rahma Fadhila

Kelompok 15

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan

Prodi S1 Keperawatan

Resume materi dengan tema Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas oleh Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd - Komisi IV DPR RI yang diwakilkan oleh Mukari, M.Si


Bonus dan tantangan menuju Indonesia emas 

Badan pusat statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demogrfai dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif yaitu 15 sampai 64 tahun. Ada tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam bonus demografi.

Yang harus dilakukan adalah menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila  sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045.

Pada hakikatnya pancasila sebagai paradigma pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperlihatkan kepentingan masyarakat. Pembangunan dalam perspektif pancasila adalah pembangunan yang arah nilai-niali kemanusiaan sebagai core values.

Peran NU dalam membangun moralitas bangsa menuju Indonesia emas ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi Mata Kuliah Komunikasi Dasar Keperawatan

Kota Lama Surabaya

Resume Materi