Resume Materi Mata Kuliah Komunikasi Dasar Keperawatan

 Nama : Hanifah Nur Rahma Fadhila

NIM : 1130023164

Kelas : 2A

Prodi : S1 Keperawatan

Fakultas : Keperawatan dan Kebidanan

Universitas : Nahdlatul Ulama Surabaya






Resume Materi Komunikasi

Mata Kuliah Komunikasi Dasar Keperawatan


Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik (Daryanto, 2014). Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang berlangsung di dalam diri seseorang. Individu berperan sebagai komunikator dan juga sebagai komunikan. Komunikasi intrapersonal dapat dikatakan juga komunikasi dimana bahasa dan pikiran seseorang digunakan secara internal.

Komunikasi antarpersonal adalah komunikasi yang dilakukan antar individu (Dyatmika, 2021). Komunikasi antarpersonal adalah proses dimana seseorang memberikan ransangan pesan baik itu pesan verbal maupun pesan non verbal yang sudah ada di benak lawan bicaranya. Komunikasi kelompok adalah komunikasi antara seseorang sebagai sumber pesan kepada sekelompok orang sebagai penerima pesan. Salah satu jenis komunikasi kelompok adalah komunikasi yang terjadi pada saat rapat, breafing, focus group discussion maupun pada saat melakukan brainstroming. 

Komunikasi kelompok dibagi menjadi dua yaitu komunikasi kelompok kecil dan komunikasi kelompok besar. Komunikasi organisasi adalah proses komunikasi yang terjadi didalam organisasi baik itu organisasi formal maupun organisasi non formal. Proses komunikasi ini berlangsung demi tercapainya sebuah tujuan dari organisasi. Komunikasi publik memiliki definisi komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan khalayak banyak. Komunikasi massa adalah sebuah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa, dimana media massa cetak seperti buku, surat kabar, majalah. Sedangkan media massa elektronik adalah radio, film, dan juga televisi.  


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. (2014). Teori Komunikasi. Penerbit Gunung Samudera.

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi (S. Bakhri, Ed.). Zahir Publishing


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kota Lama Surabaya

Resume Materi